Pemilihan Ketua OSIS SMP Al Muslim Berlangsung Kondusif, Jujur, dan Adil

 


SIDOARJO, kabar9.id  - SMP Al Muslim menggelar pesta demokrasi pemilihan ketua dan wakil ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) periode 2024/2025, Selasa (17/9/2024) di Aula sekolah.

Terdapat 2 pasangan calon yang berkompetisi dalam pemilihan OSIS ini, Pasangan nomor urut 1 Wildan Aptasena Ristanto dan Selina Syanika Syauqi dan Pasangan nomor urut 2 Muhammad Athar Fulvian Handoni dan Deena Kalila Ramadhani.

Kepala Sekolah SMP Al Muslim, Ika Sriyaningsih mengatakan, pemilihan OSIS ini sebagai wadah pembelajaran demokrasi bagi para siswa. 

"Pemilihan OSIS bukan hanya tentang memilih pemimpin, tetapi juga tentang belajar berorganisasi, kepemimpinan, dan tanggung jawab," ujarnya. 

Tepat pukul 13.00 WIB seluruh warga sekolah, termasuk guru serta siswa dari kelas 7, 8, dan 9 mulai menyalurkan hak pilihnya. Total ada 309 pemilih. Prosesi pemilihan sendiri berlangsung tertib dan lancar, mencerminkan kematangan siswa dalam berpartisipasi dalam proses demokrasi di lingkungan sekolah.

 Setiap pemilih mendapatkan satu surat suara dan melakukan pencoblosan di bilik suara yang telah disediakan. Setelah pemungutan suara selesai, panitia melakukan penghitungan suara secara terbuka di Perpustakaan di hadapan guru dan perwakilan kelas 7, 8 dan 9 pada hari Rabu, tanggal 18 September 2024.

 Pengumuman resmi hasil pemilihan akan di sampaikan pada hari kamis  tanggal 19 September 2024. Sedangkan, pelantikan pengurus OSIS yang baru akan dilaksanakan dalam waktu dekat, menandai dimulainya babak baru kepemimpinan siswa di SMP Al Muslim untuk periode 2024/2025.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Yogi Anggara mengapresiasi jalannya pemilihan yang berlangsung tertib dan demokratis. 

"Ini adalah bukti bahwa siswa-siswi SMP Al Muslim telah memahami dan mampu menjalankan proses demokrasi dengan baik. Semoga pengalaman ini dapat menjadi bekal berharga bagi mereka di masa depan," tuturnya.

Semangat demokrasi dan partisipasi aktif yang ditunjukkan dalam pemilihan ini diharapkan dapat terus terpelihara dalam setiap aspek kehidupan sekolah. Jib/rls